RSS

Kelelawar


       Kelelawar termasuk hewan mamalia, yaitu hewan yang melahirkan dan menyusui anaknya. Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Biasanya kelelawar mencari makan pada malam hari. Ada bermacam-macam kelelawar, misalnya kelelawar bertubuh besar dan bermata besar, dan ada juga kelelawar bertubuh kecil dan bermata kecil. Kelelawar juga dapat dibedakan berdasarkan jenis makanannya: ada kelelawar pemakan buah, kelelawar pemakan serangga, kelelawar penghisap madu.
            Kelelawar memiliki alat khusus untuk dapat terbang di malam hari tanpa hambatan menabrak benda di sekitarnya yang disebut sonar. Sonar berguna memancarkan gelombang suara. Sonar terletak di dalam kerongkongan. Sonar mengeluarkan getaran dari celah kecil dan tipis. Getaran yang telah dikeluarkan dapat didengar kembali ketika mengenai benda di depannya. Menghasilkan gelombang pantulan sebagai gema. Gelombang pantulan ditangkap oleh telinga kelelawar, sehingga dapat menentukan letak atau lokasi mangsanya, dan dapat menghindari benda yang menghalanginya.
          Dengan mendengar gema bunyi yang dikeluarkan, kelelawar mampu menentukan letak makanan atau jauhnya rintangan yang dihadapi. Kemampuan kelelawar tersebut dinamakan ekolokasi.

Karya:Karina Sabrina
                  


                                                                                                    

0 komentar:

Posting Komentar